UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY DOUGH DI TK MTA MUNGGUR MOJOGEDANG KARANGANYAR
Bakat, kemampuan dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi merupakan kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang. Pengembangan kreativitas sangatlah penting untuk diberikan pada anak usia taman kanak-kanak. Masa anak pada usia tk merupakan masa emas (Golden age) pada masa ini anak masih mudah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8714/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Bakat, kemampuan dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi merupakan kreativitas yang dimiliki oleh setiap orang. Pengembangan kreativitas sangatlah penting untuk diberikan pada anak usia taman kanak-kanak. Masa anak pada usia tk merupakan masa emas (Golden age) pada masa ini anak masih mudah untuk menerima rangsangan dari luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa melalui permainan play dough pada pokok bahasan membentuk bunga dan bintang.
Penelitian dilakukan di TK MTA Munggur, Mojogedang, Karanganyar. Penerima tindakan adalah siswa kelas B 1, yang berjumlah 31 anak, subyek pelaksana tindakan adalah guru kelas dan anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 putaran dalam setiap putaran 3 kali tindakan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kreativitas siswa melalui permainan play dough. Peningkatan kreativitas siswa dalam, kreativitas ketepatan menggunakan alat peraga meningkat menjadi 58,6 %, kreativitas mengemukakan ide meningkat menjadi 45,1 %, dan kreativitas membentuk play dough meningkat menjadi 51,6 %.
|
---|