UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan menggunakan simbol tidak berwarna dan simbol berwarna. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tahun Ajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JANNAH , NURUL
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8713/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116544088702976
author JANNAH , NURUL
author_facet JANNAH , NURUL
author_sort JANNAH , NURUL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan menggunakan simbol tidak berwarna dan simbol berwarna. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, sebanyak 17 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah Guru TK kelas A2 Pranatami Kartasura berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) terdapat peningkatan aktivitas siswa menjawab pertanyaan sebelum penelitian (11,7%), pada putaran I (23,5%), pada putaran II (29,4%), pada putaran III (41,1%). b) aktivitas siswa menghubungkan tulisan dengan simbol yang melambangkanya sebelum penelitian (29,4%), putaran I (41,1%), putaran II (47,0%), putaran III (58,8%). c) aktivitas ketepatan menggunakan alt peraga sebelum penelitian (23,5%), putara I (29,4%), putaran II (41,1%), putaran III (47,0%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbolnya dapat meningkatkan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8713
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8713 https://eprints.ums.ac.id/8713/ UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO) JANNAH , NURUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan menggunakan simbol tidak berwarna dan simbol berwarna. Penelitian ini dilakukan di TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek penelitian ini adalah TK Pranatami Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, sebanyak 17 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah Guru TK kelas A2 Pranatami Kartasura berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui metode alur yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) terdapat peningkatan aktivitas siswa menjawab pertanyaan sebelum penelitian (11,7%), pada putaran I (23,5%), pada putaran II (29,4%), pada putaran III (41,1%). b) aktivitas siswa menghubungkan tulisan dengan simbol yang melambangkanya sebelum penelitian (29,4%), putaran I (41,1%), putaran II (47,0%), putaran III (58,8%). c) aktivitas ketepatan menggunakan alt peraga sebelum penelitian (23,5%), putara I (29,4%), putaran II (41,1%), putaran III (47,0%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbolnya dapat meningkatkan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8713/1/A520080093.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8713/2/A520080093.pdf JANNAH , NURUL (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520080093
spellingShingle L Education (General)
JANNAH , NURUL
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title_full UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title_short UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PERMAINAN MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOLNYA (PTK DI TK PRANATAMI KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO)
title_sort upaya peningkatan aktivitas anak dalam pembelajaran menulis melalui permainan menghubungkan tulisan sederhana dengan simbolnya ptk di tk pranatami kartasura kabupaten sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8713/
work_keys_str_mv AT jannahnurul upayapeningkatanaktivitasanakdalampembelajaranmenulismelaluipermainanmenghubungkantulisansederhanadengansimbolnyaptkditkpranatamikartasurakabupatensukoharjo