PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )

Motivasi belajar menulis anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini adalah melalui pemberian Rewards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Islamiyatun , Islamiyatun
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8712/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116543805587456
author Islamiyatun , Islamiyatun
author_facet Islamiyatun , Islamiyatun
author_sort Islamiyatun , Islamiyatun
collection ePrints
description Motivasi belajar menulis anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini adalah melalui pemberian Rewards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, test tertulis dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 66,67 %, siklus II mencapai 83,87 %. Pembelajaran menulis juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dengan penyampaian materi yang menarik. Metode pemberian tugas dan tanya jawab juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan motivasi belajar menulis anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian rewards dapat meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8712
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8712 https://eprints.ums.ac.id/8712/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta ) Islamiyatun , Islamiyatun L Education (General) Motivasi belajar menulis anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini adalah melalui pemberian Rewards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, test tertulis dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards yakni sebelum tindakan 45 %, siklus I mencapai 66,67 %, siklus II mencapai 83,87 %. Pembelajaran menulis juga didukung oleh metode lain yakni pemberian tugas dengan penyampaian materi yang menarik. Metode pemberian tugas dan tanya jawab juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan motivasi belajar menulis anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian rewards dapat meningkatkan motivasi belajar menulis anak usia dini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8712/1/A520080077.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8712/2/A520080077.pdf Islamiyatun , Islamiyatun (2010) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A520080077
spellingShingle L Education (General)
Islamiyatun , Islamiyatun
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title_full PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title_short PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARDS ( PTK di TK Aisyiyah 5 Semanggi Surakarta )
title_sort peningkatan motivasi belajar menulis anak usia dini melalui pemberian rewards ptk di tk aisyiyah 5 semanggi surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8712/
work_keys_str_mv AT islamiyatunislamiyatun peningkatanmotivasibelajarmenulisanakusiadinimelaluipemberianrewardsptkditkaisyiyah5semanggisurakarta