UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK KANAK SALSABILA NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial yang masih jauh dari harapan pada anak-anak TK Salsabila Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas ini ditujukan untuk menerapkan metode belajar demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: WARTIMAH , WARTIMAH
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8711/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial yang masih jauh dari harapan pada anak-anak TK Salsabila Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian Tindakan Kelas ini ditujukan untuk menerapkan metode belajar demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak-anak tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi untuk mengamati perilaku anak dalam interaksi sosial, dokumen untuk mengetahui data perkembangan siswa dalam bidang sikap perilaku, dan tes lisan untuk mengetahui perkembangan sikap anak dalam interaksi pergaulan sehari-hari. Analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan tetap antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia dini di TK Salsabila tahun pelajaran 2009/2010. Kesimpulan ini didukung oleh data adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari satu siklus ke siklus berikutnya. Dengan ini disarankan metode demonstasi diterapkan untuk meningkatkan bidang pengembangan sikap perilaku anak usia dini baik kemampuan bidang interaksi sosial atau prestasi belajar dalam bidang pengembangan yang lainnya.