PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8698/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804116543243550720 |
---|---|
author | RIANA , RESTU NOVA |
author_facet | RIANA , RESTU NOVA |
author_sort | RIANA , RESTU NOVA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil 84 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda Y=42,846+0,620X1+0,458X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan penelitian ini 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,231 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,654 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 36,189 > 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,472, berarti 47,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,2% dan sumbangan efektif 29,4%. Variabel pergaulan teman sebaya memberikan sumbangan relatif sebesar 37,8% dan sumbangan efektif 17,8%.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8698 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8698 https://eprints.ums.ac.id/8698/ PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 RIANA , RESTU NOVA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 110 siswa. Sampel diambil 84 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda Y=42,846+0,620X1+0,458X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan penelitian ini 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,231 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pergaulan teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,654 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 36,189 > 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,472, berarti 47,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,2% dan sumbangan efektif 29,4%. Variabel pergaulan teman sebaya memberikan sumbangan relatif sebesar 37,8% dan sumbangan efektif 17,8%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8698/1/A210060179.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8698/2/A210060179.pdf RIANA , RESTU NOVA (2010) PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060179 |
spellingShingle | L Education (General) RIANA , RESTU NOVA PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title | PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title_full | PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title_fullStr | PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title_short | PENGARUH ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA Tahun Ajaran 2009/2010 |
title_sort | pengaruh antara kedisiplinan belajar dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas x sma muhammadiyah 2 surakarta tahun ajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8698/ |
work_keys_str_mv | AT rianarestunova pengaruhantarakedisiplinanbelajardanpergaulantemansebayaterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasxsmamuhammadiyah2surakartatahunajaran20092010 |