MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT (Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Surakarta, Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi-experimental research)....

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: RATNAWATI , RATNAWATI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8697/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi-experimental research). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah I Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Surakarta sebanyak lima kelas dengan jumlah siswa 210 orang. Sampel diambil sebanyak satu kelas dengan teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes prestasi jenis soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan penggunaan media pembelajaran Microsoft PowerPoint pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 9,347 > 1,685 dengan taraf signifikan α = 0,05. Prestasi belajar siswa meningkat sebanyak 6,094% dari nilai rata-rata sebelum menggunakan media PowerPoint sebesar 60,625 dan nilai rata-rata setelah menggunakan media PowerPoint sebesar 66,7188.