PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah pen...

Täydet tiedot

Tallennettuna:
Bibliografiset tiedot
Päätekijä: NURWATI, HARYANTI EKO
Aineistotyyppi: Opinnäyte
Kieli:English
English
Julkaistu: 2010
Aiheet:
Linkit:https://eprints.ums.ac.id/8694/
Tagit: Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
_version_ 1804116542021959680
author NURWATI, HARYANTI EKO
author_facet NURWATI, HARYANTI EKO
author_sort NURWATI, HARYANTI EKO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Karanganyar kelas XI IPS yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial, analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh positif lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,624 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,492 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif lingkungan kelas, kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 111,631 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan kelas memberikan sumbangan efektif 33,4%. Variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 31,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar diikuti variabel kemandirian belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8694
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8694 https://eprints.ums.ac.id/8694/ PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010 NURWATI, HARYANTI EKO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Karanganyar kelas XI IPS yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial, analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh positif lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,624 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,492 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif lingkungan kelas, kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 111,631 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan kelas memberikan sumbangan efektif 33,4%. Variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 31,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar diikuti variabel kemandirian belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8694/1/A210060158.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8694/2/A210060158.pdf NURWATI, HARYANTI EKO (2010) PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060158
spellingShingle L Education (General)
NURWATI, HARYANTI EKO
PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 2 karanganyar tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8694/
work_keys_str_mv AT nurwatiharyantieko pengaruhlingkungankelasdankemandirianbelajarsiswaterhadapprestasibelajarakuntansisiswakelasxiipssmanegeri2karanganyartahunajaran20092010