PENGARUH LINGKUNGAN KELAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah pen...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: NURWATI, HARYANTI EKO
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8694/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Pengaruh kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Pengaruh lingkungan kelas dan kemandirian siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Karanganyar kelas XI IPS yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial, analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh positif lingkungan kelas terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,624 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,492 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif lingkungan kelas, kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 111,631 > 3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan kelas memberikan sumbangan efektif 33,4%. Variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 31,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel lingkungan kelas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar diikuti variabel kemandirian belajar siswa.