PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri I Teras Boyolali tahun pelajaran 2009/2010...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8691/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994643134251008 |
---|---|
author | SUWARTININGSIH, SRI |
author_facet | SUWARTININGSIH, SRI |
author_sort | SUWARTININGSIH, SRI |
collection | ePrints |
description |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri I Teras Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Teras Boyolali yang berjumlah 153 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhana (uji t).
Kesimpulan penelitian ini adalah ”Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Teras Boyolali”. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan sebagai berikut : Y= 44,595+ 0,684X dan hasil uji keberartian koefisien arah regresi (uji t) diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 6,027 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,252, yang berarti bahwa pengelolaan kelas dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 25,2%, sedangkan 74,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8691 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8691 https://eprints.ums.ac.id/8691/ PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 SUWARTININGSIH, SRI L Education (General) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri I Teras Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Teras Boyolali yang berjumlah 153 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 orang siswa menggunakan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhana (uji t). Kesimpulan penelitian ini adalah ”Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Teras Boyolali”. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan sebagai berikut : Y= 44,595+ 0,684X dan hasil uji keberartian koefisien arah regresi (uji t) diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 6,027 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,252, yang berarti bahwa pengelolaan kelas dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 25,2%, sedangkan 74,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8691/1/A210060149.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8691/2/A210060149.pdf SUWARTININGSIH, SRI (2010) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060149 |
spellingShingle | L Education (General) SUWARTININGSIH, SRI PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title_full | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title_fullStr | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title_short | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN 2009/2010 |
title_sort | pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi sma negeri i teras boyolali tahun 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8691/ |
work_keys_str_mv | AT suwartiningsihsri pengaruhpengelolaankelasterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasxismanegeriiterasboyolalitahun20092010 |