PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULAN , DEWI RETNO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8690/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994642859524096
author WULAN , DEWI RETNO
author_facet WULAN , DEWI RETNO
author_sort WULAN , DEWI RETNO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil sebanyak 58 orang siswa dengan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,542 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,505 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 3) Persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 32,680 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05. 4) Variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar memberikan sumbangan relatif sebesar 42,2% dan sumbangan efektif 22,9%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 57,8% dan sumbangan efektif 31,4%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8690
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8690 https://eprints.ums.ac.id/8690/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010 WULAN , DEWI RETNO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil sebanyak 58 orang siswa dengan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,542 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,505 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 3) Persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 32,680 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05. 4) Variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar memberikan sumbangan relatif sebesar 42,2% dan sumbangan efektif 22,9%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 57,8% dan sumbangan efektif 31,4%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8690/1/A210060148.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8690/2/A210060148.pdf WULAN , DEWI RETNO (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060148
spellingShingle L Education (General)
WULAN , DEWI RETNO
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas x smk bakti nusantara sidoharjo kabupaten wonogiri tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8690/
work_keys_str_mv AT wulandewiretno pengaruhpersepsisiswatentangketerampilangurudalammengajardanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarakuntansisiswakelasxsmkbaktinusantarasidoharjokabupatenwonogiritahunajaran20092010