PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BAKTI NUSANTARA SIDOHARJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi be...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8690/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dengan prestasi belajar akuntansi 2) Pengaruh motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi 3) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar akuntansi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bakti Nusantara Sidoharjo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil sebanyak 58 orang siswa dengan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,542 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,505 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05. 3) Persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 32,680 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05. 4) Variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar memberikan sumbangan relatif sebesar 42,2% dan sumbangan efektif 22,9%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 57,8% dan sumbangan efektif 31,4%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar.
|
---|