PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kedisiplinan belajar dan sikap sis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERNAWATI , ELY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8689/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994642573262848
author ERNAWATI , ELY
author_facet ERNAWATI , ELY
author_sort ERNAWATI , ELY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 79 siswa. Dalam penelitian ini tidak ada sampel sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokomentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda dengan uji t, uji F dan R2, serta sumbangan efektif dan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut Y = 59,004 + 0,314 X1 + 0,210 X2 artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan belajar sebesar 4,473 sehingga thitung > ttabel atau 4,473 > 1,992 (α = 0,05) ; 2) sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel sikap siswa dalam menerima pelajaran sebesar 3,254 sehingga thitung > ttabel atau 3,254 > 1,992 (α = 0,05) ; 3) secara bersama-sama kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung sebesar 17,807 sehingga Fhitung > Ftabel atau 17,807 > 3,117 (α= 0.05). Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,319; berarti 31,9% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran, sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 63,5%, variabel X2 sebesar 36,5% dan besarnya sumbangan efektif untuk variabel X1 sebesar 20,3%, untuk variabel X2 sebesar 11,6%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8689
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8689 https://eprints.ums.ac.id/8689/ PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010 ERNAWATI , ELY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 79 siswa. Dalam penelitian ini tidak ada sampel sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokomentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda dengan uji t, uji F dan R2, serta sumbangan efektif dan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut Y = 59,004 + 0,314 X1 + 0,210 X2 artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan belajar sebesar 4,473 sehingga thitung > ttabel atau 4,473 > 1,992 (α = 0,05) ; 2) sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel sikap siswa dalam menerima pelajaran sebesar 3,254 sehingga thitung > ttabel atau 3,254 > 1,992 (α = 0,05) ; 3) secara bersama-sama kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung sebesar 17,807 sehingga Fhitung > Ftabel atau 17,807 > 3,117 (α= 0.05). Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,319; berarti 31,9% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran, sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 63,5%, variabel X2 sebesar 36,5% dan besarnya sumbangan efektif untuk variabel X1 sebesar 20,3%, untuk variabel X2 sebesar 11,6%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8689/1/A210060143.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8689/2/A210060143.pdf ERNAWATI , ELY (2010) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060143
spellingShingle L Education (General)
ERNAWATI , ELY
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title_full PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title_fullStr PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title_full_unstemmed PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title_short PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010
title_sort pengaruh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas x program keahlian akuntansi smk negeri 1 banyudono tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8689/
work_keys_str_mv AT ernawatiely pengaruhkedisiplinanbelajardansikapsiswadalammenerimapelajaranterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxprogramkeahlianakuntansismknegeri1banyudonotahunajaran20092010