HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Akuntansi. 2) hubungan antara partisipasi dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar Akuntansi. 3) hubungan antara motivasi belajar siswa dan partisipasi dalam interaksi edukatif den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIBOWO , YUYUN EMITA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8688/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Akuntansi. 2) hubungan antara partisipasi dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar Akuntansi. 3) hubungan antara motivasi belajar siswa dan partisipasi dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Sambungmacan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2009/2010 berjumlah 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 44 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi linear ganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada hubungan positif antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,664 dan nilai sig. < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada hubungan positif antara partisipasi dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,573 dan nilai sig. < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara motivasi belajar siswa dan partisipasi dalam interaksi edukatif dengan prestasi belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sambungmacan tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,784 dan nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 32,790 > 3,226. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 36,8%. Variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 24,7. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki kontribusi yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif.