PENGARUH KEMAMPUAN SOSIALISASI SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAAMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kemampuan sosialisasi siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Surakarta. 2) pengaruh keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa VIII di SMP Muhammadiyah...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: ZULIATUN , NUR ARIFAH
Format: Thesis
Jezik:English
English
Izdano: 2010
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/8682/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kemampuan sosialisasi siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Surakarta. 2) pengaruh keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. 3) pengaruh kemampuan sosialisasi siswa dan keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan populasi seluruhnya 206 siswa. Sampel diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif kemampuan sosialisasi siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dengan sumbangan relatif sebesar 39,1% dan sumbangan efektif 19,1%. 2) Ada pengaruh positif keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dengan sumbangan relatif sebesar 60,9% dan sumbangan efektif 29,6%. 3) Ada pengaruh positif antara kemampuan sosialisasi siswa dan keaktifan siswa belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan koefisien determinasi sebesar 0,487, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel kemampuan sosialisasi dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa adalah sebesar 48,7%, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh variabel lain.