PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJANANTI , EMI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8681/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116541241819136
author WIJANANTI , EMI
author_facet WIJANANTI , EMI
author_sort WIJANANTI , EMI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban yang berjumlah 238 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswa secara teknik non random dengan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 4,063 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 3,191 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung 15,855 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 54,159 + 0,271 X1 + 0,230 X2. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,25% dan sumbangan efektif 21,53%. Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 39,75% dan sumbangan efektif 14,21%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar IPS dibandingkan variabel lingkungan belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8681
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8681 https://eprints.ums.ac.id/8681/ PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010 WIJANANTI , EMI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban yang berjumlah 238 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswa secara teknik non random dengan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 4,063 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 3,191 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung 15,855 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 54,159 + 0,271 X1 + 0,230 X2. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,25% dan sumbangan efektif 21,53%. Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 39,75% dan sumbangan efektif 14,21%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar IPS dibandingkan variabel lingkungan belajar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8681/1/A210060112.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8681/2/A210060112.pdf WIJANANTI , EMI (2010) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060112
spellingShingle L Education (General)
WIJANANTI , EMI
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ips siswa kelas viii smp negeri 1 mojolaban tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8681/
work_keys_str_mv AT wijanantiemi pengaruhmotivasibelajardanlingkunganbelajarterhadapprestasibelajaripssiswakelasviiismpnegeri1mojolabantahunpelajaran20092010