HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar akuntansi ; 2) hubungan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar akuntansi ; 3) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa secara bersama-sama dengan...

Повний опис

Збережено в:
Бібліографічні деталі
Автор: KASARI , ADELINA FUTRI
Формат: Дисертація
Мова:English
English
Опубліковано: 2010
Предмети:
Онлайн доступ:https://eprints.ums.ac.id/8679/
Теги: Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
_version_ 1804116540460630016
author KASARI , ADELINA FUTRI
author_facet KASARI , ADELINA FUTRI
author_sort KASARI , ADELINA FUTRI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar akuntansi ; 2) hubungan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar akuntansi ; 3) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis statistik untuk pengambilan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 66 siswa. Seluruh populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut penelitian populasi. Data kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa diperoleh melalui angket, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar akutansi. Angket diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F,uji t, uji R², dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 3,041 + 0,109.X1 + 0,058.X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMKMuhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,784 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% ; 2) Kreativitas siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (87,867 > 3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 49,9%, artinya kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 49,9%. Variabel kreativitas siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 23,7%, artinya kemampuan kreativitas siswa dalam meningkatkan prestasi belajar adalah 23,7%. Secara keseluruhan variabel kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa memberikan sumbangan sebesar 73,6% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8679
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8679 https://eprints.ums.ac.id/8679/ HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010 KASARI , ADELINA FUTRI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar akuntansi ; 2) hubungan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar akuntansi ; 3) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis statistik untuk pengambilan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 66 siswa. Seluruh populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut penelitian populasi. Data kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa diperoleh melalui angket, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar akutansi. Angket diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F,uji t, uji R², dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 3,041 + 0,109.X1 + 0,058.X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMKMuhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,784 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% ; 2) Kreativitas siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (87,867 > 3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 49,9%, artinya kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 49,9%. Variabel kreativitas siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 23,7%, artinya kemampuan kreativitas siswa dalam meningkatkan prestasi belajar adalah 23,7%. Secara keseluruhan variabel kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa memberikan sumbangan sebesar 73,6% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8679/1/A210060108.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8679/2/A210060108.pdf KASARI , ADELINA FUTRI (2010) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060108
spellingShingle L Education (General)
KASARI , ADELINA FUTRI
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas xi jurusan ips smk muhammadiyah delanggu tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8679/
work_keys_str_mv AT kasariadelinafutri hubunganantarakemampuanberfikirkritisdankreativitassiswadenganprestasibelajarmatapelajaranakuntansikelasxijurusanipssmkmuhammadiyahdelanggutahunajaran20092010