PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SAWIT

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP Negeri 1 Sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Sawit tahun pelaj...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsman: NUROHMAWATI , ERVIANA
Materialtyp: Lärdomsprov
Språk:English
English
Publicerad: 2010
Ämnen:
Länkar:https://eprints.ums.ac.id/8676/
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
Beskrivning
Sammanfattning:Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP Negeri 1 Sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Sawit tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sawit yang berjumlah 280 siswa. Sampel diambil sebanyak 155 orang siswa menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dan uji keberartian koefisien regresi linier sederhana (uji t). Kesimpulan penelitian ini adalah “Ada pengaruh positif kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP Negeri 1 Sawit”. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 9,472 + 1,141X dan berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 8,440 > 1,976 serta berdasarkan nilai sig. < 0,05, yaitu 0,000. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,318. Arti dari koefisien ini adalah bahwa kompetensi guru dapat mempengaruhi prestasi belajar ekonomi sebesar 31,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.