MINAT MENJADI GURU DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA (TAHUN AJARAN 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru terhadap minat menjadi guru pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. 2) Pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSTIANTI , DWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8675/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru terhadap minat menjadi guru pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. 2) Pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. 3) Pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 107 siswa. Sampel diambil sebanyak 84 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang karakteristik guru berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,358 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Prestasi belajar ekonomi berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,765 > 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa tentang karakteristik guru dan prestasi belajar ekonomi berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan hasil uji F diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 37,082 > 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.. 4) Variabel persepsi siswa tentang karakteristik guru memberikan sumbangan efektif 26,1%. Variabel prestasi belajar ekonomi memberikan sumbangan efektif 21,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel persepsi siswa tentang karakteristik guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap minat menjadi guru dibandingkan variabel prestasi belajar ekonomi.