PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI PERHATIAN ORANG TUA DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI ILMU SOSIAL SMA BATIK I SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Perhatian orang tua dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAPSARI , TECKI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8674/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Perhatian orang tua dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA 1 Batik Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA I Batik Surakarta yang berjumlah 233 siswa. Sampel diambil sebanyak 58 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA I Batik Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,288 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA I Batik Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,832 > 2,004 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara perhatian orang tua dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA I Batik Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 25,770 > 3,165 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan relatif sebesar 45% dan sumbangan efektif 21,8%. Variabel kreativitas siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan efektif 26,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel kreativitas siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel perhatian orang tua.