ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang pada KA. Bisnis Senja Kediri yang berjumlah 256 penumpang (4...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Adininggar, S. Diyah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8673/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994593446428672
author Adininggar, S. Diyah
author_facet Adininggar, S. Diyah
author_sort Adininggar, S. Diyah
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang pada KA. Bisnis Senja Kediri yang berjumlah 256 penumpang (4 gerbong). Sampel yang digunakan adalah 64 penumpang KA.Bisnis Senja Kediri yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,253 + 0,816.X yang berarti tinggi rendahnya kepuasan penumpang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Hasil analisis korelasi memperoleh nilai rxy > rtabel (0,791 > 0,244) diterima pada taraf signifikansi 5%, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan penumpang KA.Bisnis Senja Kediri. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Bisnis Senja Kediri. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 103,384 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan sumbangan efektif dengan uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar = 0,625 yang menunjukkan bahwa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang adalah sebesar 62,5%, sedangkan 37,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya harga tiket, keamanan, fasilitas dalam perjalanan, dan lain-lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8673
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8673 https://eprints.ums.ac.id/8673/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN Adininggar, S. Diyah L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang pada KA. Bisnis Senja Kediri yang berjumlah 256 penumpang (4 gerbong). Sampel yang digunakan adalah 64 penumpang KA.Bisnis Senja Kediri yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,253 + 0,816.X yang berarti tinggi rendahnya kepuasan penumpang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Hasil analisis korelasi memperoleh nilai rxy > rtabel (0,791 > 0,244) diterima pada taraf signifikansi 5%, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan penumpang KA.Bisnis Senja Kediri. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian ini adalah: Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang Kereta Api Bisnis Senja Kediri. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 103,384 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan sumbangan efektif dengan uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar = 0,625 yang menunjukkan bahwa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang adalah sebesar 62,5%, sedangkan 37,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya harga tiket, keamanan, fasilitas dalam perjalanan, dan lain-lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8673/1/A210060095.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8673/2/A210060095.pdf Adininggar, S. Diyah (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060095
spellingShingle L Education (General)
Adininggar, S. Diyah
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API BISNIS SENJA KEDIRI PADA PT. KAI (DAOP VII) MADIUN
title_sort analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang kereta api bisnis senja kediri pada pt kai daop vii madiun
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8673/
work_keys_str_mv AT adininggarsdiyah analisispengaruhkualitaspelayananterhadapkepuasanpenumpangkeretaapibisnissenjakediripadaptkaidaopviimadiun