PENGARUH HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PADA NOLIMA PUTRA SANTOSA MOTOR BANJARNEGARA TAHUN 2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel harga terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel distribusi terhadap penjualan yamaha jupiter z pad...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8667/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel harga terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel distribusi terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara; 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel promosi terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara; 4) Untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara variabel harga, distribusi dan promosi terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif atau hubungan, karena bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dan penelitian kualitatif, karena meneliti data-data dari perusahaan dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah data tentang penjualan, harga, biaya distribusi, dan biaya promosi yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara tahun 2007-2009. Dalam penelitian ini tidak ada sampel dan sampling karena merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara.dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) harga berpengaruh negatif dan tidak signifian terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara tahun 2007-2009 ditunjukkan dari nilai thitung = 1,051 < 1,960 dengan taraf signifikan 5 %; 2) distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara tahun 2007-2009 ditunjukkan dari nilai thitung = 2,305 > 1,960 dengan taraf signifikan 5 %; 3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan yamaha jupiter z pada NPS Motor Banjarnegara tahun 2007-2009 ditunjukkan dari nilai thitung = 3,179 > 1,960 dengan taraf signifikan 5 %. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai Fhitung sebesar 27, 524 dengan probabilitas sebesar 0,000, karena nilai probabilitas Fhitung (0,000) lebih kecil dari 0,05; Persamaan regresi linear berganda: Y = 230.000.000 -12,400 X1 + 3,481X2 + 2,903 X3. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,721. Hal ini berarti 72,1% variasi penjualan dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor harga, biaya distribusi dan biaya promosi. Sementara sisanya sebesar 27,9% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.
|
---|