PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS XI ILMU PENDIDIKAN SOSIAL 4 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrepsikan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA N 2 Sukoharjo yang berjuml...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH , ESTIANA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8666/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrepsikan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA N 2 Sukoharjo yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara penulis, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) identifikasi masalah, (2) persiapan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) inplementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Keaktivan siswa selama apresiasi pada putaran I hanya 67,5 % setelah akhir tindakan menjadi 75 % , (2) Keaktivan siswa dalam kelompok belajar pada putaran I hanya 80 % setelah akhir tindakan menjadi 87,5 %, (3) Ketepatan & ketelitian siswa dalam mengerjakan soal pada putaran I 75 % setelah akhir tindakan menjadi 87,5 %, (4) Ketuntasan hasil belajar siswa pada putaran 1 64,5 % setelah akhir tindakan menjadi 87,5 %. Pembelajaran menggunkan pendekatan Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan, sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 69,2 setelah akhir tindakan menjadi 86,1. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning mengalami peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS.