PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; 2) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa; 3) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terha...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8663/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804116538948583424
author SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU
author_facet SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU
author_sort SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; 2) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa; 3) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 153 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 3,794 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Partisipasi dalam kegiatan OSIS berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 3,107 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis uji F dengan nilai Fhitung sebesar 30,992 diterima pada taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = 8,014 + 0,729.X1 + 0,826.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 56,2% dan sumbangan efektif sebesar 35,1%. Variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan relatif sebesar 43,8% dan sumbangan efektif sebesar 27,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif dapat dikatakan bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8663
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8663 https://eprints.ums.ac.id/8663/ PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa; 2) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa; 3) Mengetahui pengaruh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Teras tahun pelajaran 2009/2010 yang keseluruhan berjumlah 153 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 3,794 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Partisipasi dalam kegiatan OSIS berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 3,107 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Diperoleh dari hasil analisis uji F dengan nilai Fhitung sebesar 30,992 diterima pada taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = 8,014 + 0,729.X1 + 0,826.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS. Variabel intensitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 56,2% dan sumbangan efektif sebesar 35,1%. Variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan relatif sebesar 43,8% dan sumbangan efektif sebesar 27,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif dapat dikatakan bahwa variabel intensitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8663/1/A210060061.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8663/2/A210060061.pdf SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU (2010) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060061
spellingShingle L Education (General)
SUKAMTO , WIDYA PRIMANDARU
PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH INTENSITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh intensitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan osis terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi sma negeri 1 teras boyolali tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8663/
work_keys_str_mv AT sukamtowidyaprimandaru pengaruhintensitasbelajarsiswadanpartisipasidalamkegiatanosisterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxismanegeri1terasboyolalitahunpelajaran20092010