EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)

Ruas Jalan Kartasura – Klaten merupakan jalan arteri yang menghubungkan dua kota besar. Jenis konstruksi perkerasan yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah perkerasan lentur. Ruas jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Akibat beban kendaraan yang besar tersebut akan menyebabkan penu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERFANDA, ARDIAN RIFAI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8660/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994641476452352
author HERFANDA, ARDIAN RIFAI
author_facet HERFANDA, ARDIAN RIFAI
author_sort HERFANDA, ARDIAN RIFAI
collection ePrints
description Ruas Jalan Kartasura – Klaten merupakan jalan arteri yang menghubungkan dua kota besar. Jenis konstruksi perkerasan yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah perkerasan lentur. Ruas jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Akibat beban kendaraan yang besar tersebut akan menyebabkan penurunan mutu jalan dan pengurangan umur rencana jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kuat dukung perkerasan jalan yang ada dan mengetahui umur sisa jalan berdasarkan volume lalu lintas. Metode yang digunakan dalam analisis umur sisa jalan ini adalah metode studi kasus. Adapun data – data yang digunakan adalah data – data sekunder. Data – data sekunder tersebut berupa volume LHR, data test pit didapatkan dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, data curah hujan didapatkan dari BPSDA Jawa Tengah, untuk data kelandaian jalan, data karakteristik tanah didapatkan dari data proyek peningkatan mutu jalan Kartasura – Klaten tahun 2000 – 2001. Berdasarkan data – data tersebut, dapat dilakukan perhitungan umur sisa jalan Kartasura – Klaten dengan menggunakan metode analisa komponen. Dari data – data yang didapat, bisa diketahui struktur perkerasan jalan adalah LPB B setebal 40cm, LPA A setebal 30 cm, ATB 15 cm, dan HRA setebal 4 cm. Nilai umur sisa jalan dalam perencanan sebesar 9 tahun. Nilai CBR tanah dasar sebesar 11,5%, dari nilai CBR akan didapatkan nilai daya dukung tanah sebesar 6,10 dengan menggunakan grafik korelasi DDT dan CBR. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai LER sebesar 5.500. Dari nilai LER tersebut, dengan menggunakan trial and error akan didapatkan nilai umur sisa jalan sebesar 8 tahun, sehingga didapatkan umur susut jalan adalah 1 tahun.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8660
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8660 https://eprints.ums.ac.id/8660/ EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen) HERFANDA, ARDIAN RIFAI TA Civil Engineering Ruas Jalan Kartasura – Klaten merupakan jalan arteri yang menghubungkan dua kota besar. Jenis konstruksi perkerasan yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah perkerasan lentur. Ruas jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Akibat beban kendaraan yang besar tersebut akan menyebabkan penurunan mutu jalan dan pengurangan umur rencana jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kuat dukung perkerasan jalan yang ada dan mengetahui umur sisa jalan berdasarkan volume lalu lintas. Metode yang digunakan dalam analisis umur sisa jalan ini adalah metode studi kasus. Adapun data – data yang digunakan adalah data – data sekunder. Data – data sekunder tersebut berupa volume LHR, data test pit didapatkan dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, data curah hujan didapatkan dari BPSDA Jawa Tengah, untuk data kelandaian jalan, data karakteristik tanah didapatkan dari data proyek peningkatan mutu jalan Kartasura – Klaten tahun 2000 – 2001. Berdasarkan data – data tersebut, dapat dilakukan perhitungan umur sisa jalan Kartasura – Klaten dengan menggunakan metode analisa komponen. Dari data – data yang didapat, bisa diketahui struktur perkerasan jalan adalah LPB B setebal 40cm, LPA A setebal 30 cm, ATB 15 cm, dan HRA setebal 4 cm. Nilai umur sisa jalan dalam perencanan sebesar 9 tahun. Nilai CBR tanah dasar sebesar 11,5%, dari nilai CBR akan didapatkan nilai daya dukung tanah sebesar 6,10 dengan menggunakan grafik korelasi DDT dan CBR. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai LER sebesar 5.500. Dari nilai LER tersebut, dengan menggunakan trial and error akan didapatkan nilai umur sisa jalan sebesar 8 tahun, sehingga didapatkan umur susut jalan adalah 1 tahun. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8660/1/D100990043.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8660/2/D100990043.pdf HERFANDA, ARDIAN RIFAI (2010) EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100990043
spellingShingle TA Civil Engineering
HERFANDA, ARDIAN RIFAI
EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title_full EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title_fullStr EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title_full_unstemmed EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title_short EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)
title_sort evaluasi umur sisa ruas jalan kartasura klaten berdasarkan volume lalu lintas dengan metode analisa komponen
topic TA Civil Engineering
url https://eprints.ums.ac.id/8660/
work_keys_str_mv AT herfandaardianrifai evaluasiumursisaruasjalankartasuraklatenberdasarkanvolumelalulintasdenganmetodeanalisakomponen