EVALUASI UMUR SISA RUAS JALAN KARTASURA – KLATEN (Berdasarkan Volume Lalu Lintas dengan Metode Analisa Komponen)

Ruas Jalan Kartasura – Klaten merupakan jalan arteri yang menghubungkan dua kota besar. Jenis konstruksi perkerasan yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah perkerasan lentur. Ruas jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Akibat beban kendaraan yang besar tersebut akan menyebabkan penu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HERFANDA, ARDIAN RIFAI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8660/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Ruas Jalan Kartasura – Klaten merupakan jalan arteri yang menghubungkan dua kota besar. Jenis konstruksi perkerasan yang digunakan pada ruas jalan tersebut adalah perkerasan lentur. Ruas jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Akibat beban kendaraan yang besar tersebut akan menyebabkan penurunan mutu jalan dan pengurangan umur rencana jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kuat dukung perkerasan jalan yang ada dan mengetahui umur sisa jalan berdasarkan volume lalu lintas. Metode yang digunakan dalam analisis umur sisa jalan ini adalah metode studi kasus. Adapun data – data yang digunakan adalah data – data sekunder. Data – data sekunder tersebut berupa volume LHR, data test pit didapatkan dari Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, data curah hujan didapatkan dari BPSDA Jawa Tengah, untuk data kelandaian jalan, data karakteristik tanah didapatkan dari data proyek peningkatan mutu jalan Kartasura – Klaten tahun 2000 – 2001. Berdasarkan data – data tersebut, dapat dilakukan perhitungan umur sisa jalan Kartasura – Klaten dengan menggunakan metode analisa komponen. Dari data – data yang didapat, bisa diketahui struktur perkerasan jalan adalah LPB B setebal 40cm, LPA A setebal 30 cm, ATB 15 cm, dan HRA setebal 4 cm. Nilai umur sisa jalan dalam perencanan sebesar 9 tahun. Nilai CBR tanah dasar sebesar 11,5%, dari nilai CBR akan didapatkan nilai daya dukung tanah sebesar 6,10 dengan menggunakan grafik korelasi DDT dan CBR. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai LER sebesar 5.500. Dari nilai LER tersebut, dengan menggunakan trial and error akan didapatkan nilai umur sisa jalan sebesar 8 tahun, sehingga didapatkan umur susut jalan adalah 1 tahun.