INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM

Kondisi jalan yang baik sangat dipengaruhi oleh lapisan-lapisan penyusun jalan itu sendiri, salah satu lapisan yang sangat penting dalam menentukan kualitas jalan adalah pondasi jalan. Jika pondasi tidak mampu menahan beban yang diterima oleh jalan, maka pondasi akan mengalami penurunan...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
Wydane: 2010
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/8649/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
_version_ 1804116538161102848
author ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA
author_facet ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA
author_sort ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA
collection ePrints
description Kondisi jalan yang baik sangat dipengaruhi oleh lapisan-lapisan penyusun jalan itu sendiri, salah satu lapisan yang sangat penting dalam menentukan kualitas jalan adalah pondasi jalan. Jika pondasi tidak mampu menahan beban yang diterima oleh jalan, maka pondasi akan mengalami penurunan ( deformation ). Untuk mendapatkan pondasi jalan yang baik harus digunakan bahan atau material penyusun pondasi yang baik juga, salah satunya dengan menggunakan material agregat granular kelas A, yaitu lapis pondasi jalan yang berupa agregat dengan susunan ukuran butiran tertentu tanpa bahan ikat. Untuk mengetahui kualitas dan kemampuan material sebelum digunakan sebagai lapis pondasi perlu dilakukan pengujian. Pengujian yang dapat dilakukan di antaranya pengujian menggunakan CBR dan UTM dengan tujuan mendapatkan nilai CBR dan titik kritis. Metode yang dilakukan dengan cara pengujian material dengan nilai kepadatan dari hasil modified Proctor. Pengujian yang dilakukan ada 2 macam. Pertama, pengujian untuk menentukan nilai CBR dengan menggunakan alat CBR dan UTM, untuk pengujian menggunakan UTM nilai beban dibatasi antara 250 lb hingga 8000 lb. Kedua, pengujian untuk menentukan titik kritis ( Critical Point ) dengan menggunakan alat CBR dan UTM, untuk pengujian menggunakan UTM nilai penurunan dibatasi hanya sampai 1,5”. Dari penelitian dan hasil analisis didapat hasil sebagai berikut : nilai kadar air optimum sebesar 3 % dengan berat isi kering maksimum sebesar 2,928 gr/cm3. Pengujian untuk mencari nilai CBR mendapatkan hasil sebagai berikut : pengujian dengan CBR nilai CBR sebesar 91,438 %, sedangkan pengujian dengan UTM nilai CBR sebesar 102,543 %. Pengujian untuk menentukan titik kritis mendapatkan hasil sebagai berikut : titik kritis dengan CBR sebesar 997 lb/in2, sedangkan titik kritis dengan UTM sebesar 3710 lb/in2. Titik kritis merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan karakteristik penurunan yang signifikan yang ditunjukkan dengan perbedaan nilai slope. Dengan CBR nilai slope1 0,012 in3/lb dan slope2 0,024 in3/lb, sedangkan menggunakan UTM nilai slope1 0,021 in3/lb dan slope2 0,028 in3/lb.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8649
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8649 https://eprints.ums.ac.id/8649/ INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA TA Civil Engineering Kondisi jalan yang baik sangat dipengaruhi oleh lapisan-lapisan penyusun jalan itu sendiri, salah satu lapisan yang sangat penting dalam menentukan kualitas jalan adalah pondasi jalan. Jika pondasi tidak mampu menahan beban yang diterima oleh jalan, maka pondasi akan mengalami penurunan ( deformation ). Untuk mendapatkan pondasi jalan yang baik harus digunakan bahan atau material penyusun pondasi yang baik juga, salah satunya dengan menggunakan material agregat granular kelas A, yaitu lapis pondasi jalan yang berupa agregat dengan susunan ukuran butiran tertentu tanpa bahan ikat. Untuk mengetahui kualitas dan kemampuan material sebelum digunakan sebagai lapis pondasi perlu dilakukan pengujian. Pengujian yang dapat dilakukan di antaranya pengujian menggunakan CBR dan UTM dengan tujuan mendapatkan nilai CBR dan titik kritis. Metode yang dilakukan dengan cara pengujian material dengan nilai kepadatan dari hasil modified Proctor. Pengujian yang dilakukan ada 2 macam. Pertama, pengujian untuk menentukan nilai CBR dengan menggunakan alat CBR dan UTM, untuk pengujian menggunakan UTM nilai beban dibatasi antara 250 lb hingga 8000 lb. Kedua, pengujian untuk menentukan titik kritis ( Critical Point ) dengan menggunakan alat CBR dan UTM, untuk pengujian menggunakan UTM nilai penurunan dibatasi hanya sampai 1,5”. Dari penelitian dan hasil analisis didapat hasil sebagai berikut : nilai kadar air optimum sebesar 3 % dengan berat isi kering maksimum sebesar 2,928 gr/cm3. Pengujian untuk mencari nilai CBR mendapatkan hasil sebagai berikut : pengujian dengan CBR nilai CBR sebesar 91,438 %, sedangkan pengujian dengan UTM nilai CBR sebesar 102,543 %. Pengujian untuk menentukan titik kritis mendapatkan hasil sebagai berikut : titik kritis dengan CBR sebesar 997 lb/in2, sedangkan titik kritis dengan UTM sebesar 3710 lb/in2. Titik kritis merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan karakteristik penurunan yang signifikan yang ditunjukkan dengan perbedaan nilai slope. Dengan CBR nilai slope1 0,012 in3/lb dan slope2 0,024 in3/lb, sedangkan menggunakan UTM nilai slope1 0,021 in3/lb dan slope2 0,028 in3/lb. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8649/1/D100030099.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8649/2/D100030099.pdf ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA (2010) INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100030099
spellingShingle TA Civil Engineering
ISMIADJI, ONAN GRIYANTARA
INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title_full INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title_fullStr INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title_full_unstemmed INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title_short INVESTIGASI KUALITAS MATERIAL PONDASI JALAN GRANULAR KELAS A MENGGUNAKAN ALAT CBR DAN UTM
title_sort investigasi kualitas material pondasi jalan granular kelas a menggunakan alat cbr dan utm
topic TA Civil Engineering
url https://eprints.ums.ac.id/8649/
work_keys_str_mv AT ismiadjionangriyantara investigasikualitasmaterialpondasijalangranularkelasamenggunakanalatcbrdanutm