PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MAKE A MATCH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WURYANTORO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match terhadap hasil belajar ekonomi siswa; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa; 3) pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match dan mot...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTOMO , TUNGGUL SISWO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8646/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match terhadap hasil belajar ekonomi siswa; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa; 3) pengaruh persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro, yaitu sekitar 192 siswa yang terdiri dari 6 kelas dan setiap kelas terdiri dari 32 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 120 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 15,410 + 1,959.X1 + 0,798.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat disimpulkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Wuryantorotahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 7,561 diterima pada taraf signifikansi 5%; (2) Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Wuryantorotahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 6,749 diterima pada taraf signifikansi 5%; (3) Persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Wuryantorotahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 88,801 diterima pada taraf signifikansi 5%; (4) Persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match memberikan sumbangan efektif sebesar 32,6%, dan motivasi belajar siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 27,7% terhadap hasil belajar ekonomi. Secara keseluruhan persepsi siswa tentang metode pembelajaran make a match, dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 60,3%.