PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 2) Pengaruh kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan peneta...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUSDIANTO , ANDIKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8644/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116537102041088
author YUSDIANTO , ANDIKA
author_facet YUSDIANTO , ANDIKA
author_sort YUSDIANTO , ANDIKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 2) Pengaruh kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Terminal Solo. Populasi dalam penelitian ini secara nyata tidak dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas konsumen tidak terdeteksi oleh manajemen. Sampel diambil sebanyak 100 orang konsumen dengan teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,437 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,207 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 31,363 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 20,4%. Variabel kebijakan penetapan harga memberikan sumbangan efektif 18,9%. Kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo dengan koefisien determinasi sebesar 0,393, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 39,3%, sedangkan 61.7% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan konsumen dibandingkan variabel kebijakan penetapan harga.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8644
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8644 https://eprints.ums.ac.id/8644/ PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO YUSDIANTO , ANDIKA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 2) Pengaruh kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. 3) Pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen pada PO SAFARI jurusan Semarang – Solo. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Terminal Solo. Populasi dalam penelitian ini secara nyata tidak dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas konsumen tidak terdeteksi oleh manajemen. Sampel diambil sebanyak 100 orang konsumen dengan teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,437 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,207 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 31,363 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 20,4%. Variabel kebijakan penetapan harga memberikan sumbangan efektif 18,9%. Kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada PO. SAFARI jurusan Semarang-Solo dengan koefisien determinasi sebesar 0,393, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 39,3%, sedangkan 61.7% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan konsumen dibandingkan variabel kebijakan penetapan harga. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8644/1/A210060058.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8644/2/A210060058.pdf YUSDIANTO , ANDIKA (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060058
spellingShingle L Education (General)
YUSDIANTO , ANDIKA
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title_full PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title_fullStr PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title_full_unstemmed PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title_short PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PO SAFARI JURUSAN SEMARANG – SOLO
title_sort pengaruh kualitas pelayanan dan kebijakan penetapan harga terhadap kepuasan konsumen po safari jurusan semarang solo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8644/
work_keys_str_mv AT yusdiantoandika pengaruhkualitaspelayanandankebijakanpenetapanhargaterhadapkepuasankonsumenposafarijurusansemarangsolo