PENGARUH PERSEPSI SERTIFIKASI GURU DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PADA GURU SMA NEGERI 2 SURAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Seberapa besar pengaruh persepsi sertifikasi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta. 2) Seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta. 3) Seberapa besar pengaruh perse...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English |
প্রকাশিত: |
2010
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/8640/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Seberapa besar pengaruh persepsi sertifikasi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta. 2) Seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta. 3) Seberapa besar pengaruh persepsi sertifikasi guru dan kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang telah mempunyai sertifikat pendidik di SMA Negeri 2 Surakarta populasi seluruhnya 46 guru. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, sehingga data yang dianalisis merupakan keseluruhan data dari populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh persepsi sertifikasi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta, dengan sumbangan relatif sebesar 41,3% dan sumbangan efektif 20,9%. 2) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru trehadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta, dengan sumbangan relatif sebesar 58,7% dan sumbangan efektif 29,8%. 3) Ada pengaruh persepsi sertifikasi guru dan kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru pada guru SMA Negeri 2 Surakarta, dengan koefisien determinasi sebesar 0,507, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel persepsi sertifikasi guru dan kompetensi guru terhadap motivasi kerja adalah sebesar 50,7%, sedangkan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
|
---|