ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar. 2). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari motivasi siswa. 3). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FEBRIKA , IIN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8637/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994592903266304
author FEBRIKA , IIN
author_facet FEBRIKA , IIN
author_sort FEBRIKA , IIN
collection ePrints
description Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar. 2). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari motivasi siswa. 3). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa. Jenis ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan obyek penelitian apa adanya dan melukukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 280 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang diambil secara acak dengan undian yang berjumlah 70 siswa. Teknik sampling yang digunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik menggunakan SPSS yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan garis regresi Y adalah 31,584 + 0,276 + 0,263 .Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kemandirian belajar dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa:1). = 6,827 > 3,070, berarti Ho ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan secara bersama-sama antara kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 2). untuk kemandirian belajar = 2,193 dengan nilai sig 0,032 dan untuk motivasi siswa = 2,313 dengan sig sebesar 0,024 bila dikonsultasikan dengan 0,05 hasilnya sig < 0,05, berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan parsial prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa yang signifikan. 3).Besar sumbangan efektif untuk kemandirian belajar = 19,7% dan motivasi siswa , berarti relatif yang paling dominan mempengaruhi variabel terikat adalah motivasi siswa. Sedangkan besarnya sumbangan relative untuk kemandirian belajar X1 sebesar 48% dan untuk motivasi siswa X2 52%. Besarnya prosentase pengaruh kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 41,1%. Dengan demikian hipotesis yang mengatakan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa pada kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo dapat diterima dan teruji kebenarannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8637
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8637 https://eprints.ums.ac.id/8637/ ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 FEBRIKA , IIN L Education (General) Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar. 2). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari motivasi siswa. 3). adakah pengaruh prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa. Jenis ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan obyek penelitian apa adanya dan melukukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 280 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang diambil secara acak dengan undian yang berjumlah 70 siswa. Teknik sampling yang digunakan random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik menggunakan SPSS yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan garis regresi Y adalah 31,584 + 0,276 + 0,263 .Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kemandirian belajar dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa:1). = 6,827 > 3,070, berarti Ho ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan secara bersama-sama antara kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. 2). untuk kemandirian belajar = 2,193 dengan nilai sig 0,032 dan untuk motivasi siswa = 2,313 dengan sig sebesar 0,024 bila dikonsultasikan dengan 0,05 hasilnya sig < 0,05, berarti Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan parsial prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa yang signifikan. 3).Besar sumbangan efektif untuk kemandirian belajar = 19,7% dan motivasi siswa , berarti relatif yang paling dominan mempengaruhi variabel terikat adalah motivasi siswa. Sedangkan besarnya sumbangan relative untuk kemandirian belajar X1 sebesar 48% dan untuk motivasi siswa X2 52%. Besarnya prosentase pengaruh kemandirian belajar dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 41,1%. Dengan demikian hipotesis yang mengatakan terdapat perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa pada kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo dapat diterima dan teruji kebenarannya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8637/1/A210060040.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8637/2/A210060040.pdf FEBRIKA , IIN (2010) ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060040
spellingShingle L Education (General)
FEBRIKA , IIN
ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short ANALISIS PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort analisis prestasi belajar akuntansi ditinjau dari kemandirian belajar dan motivasi siswa kelas xi sma negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8637/
work_keys_str_mv AT febrikaiin analisisprestasibelajarakuntansiditinjaudarikemandirianbelajardanmotivasisiswakelasxismanegeri2sukoharjotahunpelajaran20092010