PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA dengan menggunakan pendekatan struktural TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIANA , SARI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8631/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116536575655936
author FITRIANA , SARI
author_facet FITRIANA , SARI
author_sort FITRIANA , SARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA dengan menggunakan pendekatan struktural TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru akuntansi dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui dua alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal setiap putaran selama dua putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kualitas belajar siswa yang dilihat dari peningkatan motivasi yang meliputi 1) keaktifan siswa dalam belajar dengan aspek a) keaktifan bertanya meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 50% diakhir tindakan b) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 9,37% sebelum tindakan menjadi 46.87% diakhir tindakan c) keaktifan mengemukakan pendapat meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 53,12% diakhir tindakan, 2) perhatian siswa dan perhatian dalam belajar dengan aspek a) mengerti dan melakukan langkah TPS meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 43.75% diakhir tindakan b) dapat bekerjasama dalam kelompok meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 37.5% diakhir tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 13.62% sebelum tindakan menjadi 100% diakhir tindakan. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi melalui pendekatan struktural TPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8631
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8631 https://eprints.ums.ac.id/8631/ PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010 FITRIANA , SARI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA dengan menggunakan pendekatan struktural TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru akuntansi dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui dua alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal setiap putaran selama dua putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kualitas belajar siswa yang dilihat dari peningkatan motivasi yang meliputi 1) keaktifan siswa dalam belajar dengan aspek a) keaktifan bertanya meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 50% diakhir tindakan b) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 9,37% sebelum tindakan menjadi 46.87% diakhir tindakan c) keaktifan mengemukakan pendapat meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 53,12% diakhir tindakan, 2) perhatian siswa dan perhatian dalam belajar dengan aspek a) mengerti dan melakukan langkah TPS meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 43.75% diakhir tindakan b) dapat bekerjasama dalam kelompok meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 37.5% diakhir tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 13.62% sebelum tindakan menjadi 100% diakhir tindakan. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi melalui pendekatan struktural TPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8631/1/A210060030.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8631/2/A210060030.pdf FITRIANA , SARI (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060030
spellingShingle L Education (General)
FITRIANA , SARI
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi melalui think pair share dengan rancangan penelitian tindakan kelas di sma negeri 1 sukoharjo tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8631/
work_keys_str_mv AT fitrianasari peningkatankualitaspembelajaranakuntansimelaluithinkpairsharedenganrancanganpenelitiantindakankelasdismanegeri1sukoharjotahunajaran20092010