PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI KREATIF BERBASIS PORTOFOLIO (PTK Di SMA Negeri 3 Klaten Siswa Kelas X E Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran dengan strategi kreatif berbasis portofolio dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 Klaten. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujua...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8630/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran dengan strategi kreatif berbasis portofolio dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 Klaten. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji, merefleksi secara kritis dan kolaboratif suatu rencana proses pembelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu cara penelitian yang bersifat “with”, di mana penulis melibatkan diri (involvement) dan mengevaluasi diri (self evaluation) dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
efektivitas proses pembelajaran siswa memahami matematika dapat diketahui dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran matematika yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan atau yang dipakai adalah dengan pedoman
observasi, yaitu suatu pedoman yang akan dipergunakan untuk mendapatkan data selama observasi dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal pembelajaran matematika di kelas XE SMA Negeri 3 Klaten khususnya untuk materi Ruang Dimensi III dapat dilihat dari dokumentasi nilai siswa yang meliputi Tugas
Individu, Tugas Kelompok dan Ulangan Harian untuk kompetensi dasar: 1) menentukan besar sudut antara dua garis, 2) menentukan besar sudut antara garis dan bidang, dan 3) menentukan besar sudut antara dua bidang dalam ruang. Proses berjalan dengan cara konvensional dimana kelas berpusat pada guru. Proses pembelajaran tindakan kelas berjalan dengan menerapkan dengan menggunakan
pendekatan kontekstual yaitu memandang siswa sebagai subjek belajar yang keterlibatannya dalam aktivitas belajar perlu difasilitasi supaya mereka menjadi
lebih kreatif dan berkembang sesuai kemampuan masing-masing. Penelitian ini masing-masing mata pelajaran dilakukan melalui tahapan tiga siklus untuk mencapai ketuntasan siswa.Syarat ketuntasan klasikal suatu kelas adalah 65%. Dengan adanya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode strategi kreatif portofolio terbukti bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas output siswa pada mata pelajaran Matematika. |
---|