EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUTIAH , LITA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8629/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116536040882176
author MUTIAH , LITA
author_facet MUTIAH , LITA
author_sort MUTIAH , LITA
collection ePrints
description Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 128 siswa. Sampel diambil sebanyak 64 siswa dari kelas IPS III dan IPS IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat adanya perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi snowball drilling dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,0425 dan ttabel = 2,042, karena thitung > ttabel, berarti bahwa strategi snowball drilling lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai lebih tinggi
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8629
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8629 https://eprints.ums.ac.id/8629/ EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO MUTIAH , LITA L Education (General) Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 128 siswa. Sampel diambil sebanyak 64 siswa dari kelas IPS III dan IPS IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat adanya perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi snowball drilling dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,0425 dan ttabel = 2,042, karena thitung > ttabel, berarti bahwa strategi snowball drilling lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai lebih tinggi 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8629/1/A210060028.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8629/2/A210060028.PDF MUTIAH , LITA (2010) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060028
spellingShingle L Education (General)
MUTIAH , LITA
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title_full EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title_fullStr EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title_short EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO
title_sort efektivitas strategi pembelajaran cooperative learning tipe snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas xi sma negeri i sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8629/
work_keys_str_mv AT mutiahlita efektivitasstrategipembelajarancooperativelearningtipesnowballdrillinguntukmeningkatkanhasilbelajarakuntansisiswakelasxismanegeriisukoharjo