IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualized (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Boyolali. Subyek penelitian adalah s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI , PUSPIYATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8628/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116535778738176
author SARI , PUSPIYATI
author_facet SARI , PUSPIYATI
author_sort SARI , PUSPIYATI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualized (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Boyolali. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N I Boyolali tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Teams Assisted Individualized (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri I Boyolali tahun ajaran 2009/2010. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji t antara nilai awal dan nilai siklus I diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 3,337 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan perhitungan rata-rata nilai awal sebesar 57,71 dan rata-rata nilai siklus I sebesar 65,79, ada kenaikan nilai sebesar 8,08. Hasil uji t antara nilai siklus I dan nilai siklus II diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 4,507 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan perhitungan rata-rata nilai siklus I sebesar 65,79 dan rata-rata nilai siklus II sebesar 73,46, ada kenaikan nilai sebesar 7,67. Hasil uji t antara nilai siklus II dan nilai siklus III diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 4,208 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dan rata-rata nilai siklus II sebesar 73,46 dibanding rata-rata siklus III sebesar 80,21, ada kenaikan nilai sebesar 6,75.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8628
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8628 https://eprints.ums.ac.id/8628/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 SARI , PUSPIYATI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualized (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 1 Boyolali. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N I Boyolali tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Teams Assisted Individualized (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri I Boyolali tahun ajaran 2009/2010. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji t antara nilai awal dan nilai siklus I diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 3,337 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan perhitungan rata-rata nilai awal sebesar 57,71 dan rata-rata nilai siklus I sebesar 65,79, ada kenaikan nilai sebesar 8,08. Hasil uji t antara nilai siklus I dan nilai siklus II diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 4,507 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan perhitungan rata-rata nilai siklus I sebesar 65,79 dan rata-rata nilai siklus II sebesar 73,46, ada kenaikan nilai sebesar 7,67. Hasil uji t antara nilai siklus II dan nilai siklus III diperoleh thitung > dari ttabel, yaitu 4,208 > 1,714 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dan rata-rata nilai siklus II sebesar 73,46 dibanding rata-rata siklus III sebesar 80,21, ada kenaikan nilai sebesar 6,75. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8628/1/A210060027.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8628/2/A210060027.pdf SARI , PUSPIYATI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060027
spellingShingle L Education (General)
SARI , PUSPIYATI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMP N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort implementasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di smp n 1 boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8628/
work_keys_str_mv AT saripuspiyati implementasipembelajarankooperatifuntukmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswadismpn1boyolalitahunajaran20092010