PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN

Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Groboga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDODO, SARONO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8623/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994639552315392
author WIDODO, SARONO
author_facet WIDODO, SARONO
author_sort WIDODO, SARONO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian pengelolaan pembelajaran mata pelajaran IPA ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai key instrumen. Lokasi penelitian ini di Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan, dokumen, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan validitas, konfirmability, defendabilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo dabin IV Karangrayung meliputi pengembangan silabus, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan penyiapan materi pembelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan dilaksanakan dengan mengacu pada perencanaan yang telah dibuat oleh masing-masing guru. Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan pada pelaksanaanya menggunakan media belajar yang mendukung pembelajaran IPA dan juga penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, seperti penggunaan metode praktikum; dan 3) Evaluasi pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan menggunakan evaluasi secara tertulis seperti penerapan pretest, postes, ulangan harian, dan juga ulangan semester.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8623
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8623 https://eprints.ums.ac.id/8623/ PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN WIDODO, SARONO LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan; dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian pengelolaan pembelajaran mata pelajaran IPA ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti sebagai key instrumen. Lokasi penelitian ini di Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan, dokumen, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan validitas, konfirmability, defendabilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo dabin IV Karangrayung meliputi pengembangan silabus, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan penyiapan materi pembelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan dilaksanakan dengan mengacu pada perencanaan yang telah dibuat oleh masing-masing guru. Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan pada pelaksanaanya menggunakan media belajar yang mendukung pembelajaran IPA dan juga penggunaan metode pembelajaran yang sesuai, seperti penggunaan metode praktikum; dan 3) Evaluasi pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Sendangharjo Dabin IV Karangrayung Kabupaten Grobogan menggunakan evaluasi secara tertulis seperti penerapan pretest, postes, ulangan harian, dan juga ulangan semester. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8623/1/Q100070709.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8623/2/Q100070709.pdf WIDODO, SARONO (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070709
spellingShingle LB Theory and practice of education
WIDODO, SARONO
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title_full PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title_fullStr PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title_full_unstemmed PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title_short PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SENDANGHARJO DABIN IV KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN
title_sort peningkatan kualitas pembelajaran di sd negeri 1 sendangharjo dabin iv karangrayung kabupaten grobogan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/8623/
work_keys_str_mv AT widodosarono peningkatankualitaspembelajarandisdnegeri1sendangharjodabinivkarangrayungkabupatengrobogan