PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI DI SMP N 3 NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Adakah pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII pada pokok bahasan pelaku kegiatan ekonomi di SMP Negeri 3 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Dalam peneli...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: WIDIASTO, SUKMA
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/8622/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Adakah pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII pada pokok bahasan pelaku kegiatan ekonomi di SMP Negeri 3 Ngadirojo Wonogiri tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Dalam penelitian ini lokasi penelitiannya diambil di SMP N 3 Ngadirojo Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Ngadirojo Wonogiri tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 169 siswa. Sampel diambil sebanyak 160 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik uji prasyaratan analisis, uji normalitas, uji linieritas, teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII pada pokok bahasan pelaku kegiatan ekonomi di SMP N 3 Ngadirojo Wonogiri, dengan persamaan Y = 14.686 + 0.786 X , Artinya Jika score tes ulangan itu dipengaruhi oleh penggunaan modul semakin tinggi nilai tugas akan berpengaruh pada tingginya score tes ulangan