PRESTASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2006 FKIP UMS TAHUN 2009

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi guru. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat mahasiswa terhadap kompetensi guru. 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi Program Pengalama...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KRISNAWATI , EVI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8613/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi guru. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat mahasiswa terhadap kompetensi guru. 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan minat mahasiswa secara bersama-sama terhadap kompetensi guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2006 yang berjumlah 155 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 105 siswa. Data diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan persamaan regresi: Y = 35,697 + 0,262X1 + 0,544X2, artinya prestasi Program Pengalaman Lapangan (PPL) pengaruhnya terhadap kompetensi guru ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar 0,262. Minat mahasiswa sebagai guru besar pengaruhnya terhadap kompetensi guru ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,544. Prestasi PPL dan minat mahasiswa besar pengaruhnya terhadap kompetensi guru pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2006 Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2009 ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel atau 89,683 > 3,07 dan total sumbangan efektif adalah sebesar 63,7%. Selanjutnya di antara kedua variabel tersebut dapat diketahui bahwa variabel minat mahasiswa memberikan sumbangan lebih besar terhadap kompetensi guru (46,5%). Jadi dapat dinyatakan bahwa minat mahasiswa menjadi guru merupakan faktor yang memberikan pengaruh dominan kompetensi guru yang dimiliki mahasiswa.