PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KLAS VIII (Studi Situs SMP N 1 Blora)

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik perawatan media pembel...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SURADJI, SURADJI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8611/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik perawatan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistic (utuh). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Blora, dengan beberapa pertimbangan. Pertama bahwa SMP Negeri 1 Blora merupakan sekolah yang dekat dengan tempat kerja peneliti, SMP Negeri 1 Blora merupakan sekolah yang mempunyai team work yang bagus, SSN Akreditas A, dan juara OSN tingkat Nasional menuju RSBI.Hasil penelitian: (1) Pengadaan media pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Blora brdasarkan perencanan kebutuhan dengan cara megajukan perencanaan mengau pada rencana pembelajaran yang telah dibuat dalam bentuk proposal. Pengadaan dilakukan oleh Tim pengadaan yang ditunjuk oleh Kepala sekolah, (2) Penggunaan media pembelajaran diharuskan oleh Kepala Sekolah guna membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap inti pembelajaran yang direncanakan oleh oleh guru. Pengelolaan penggunaan media pembelajaran ditunjuk organisasi laboratorium dipimpin oleh koordinator laboratorium yang bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Guru menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa, namun tidak semua guru memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan mengajukan melalui nota peminjaman yang dubuat oleh guru, pelaksanaan pengelolaan peminjaman merupakan tugas dari laboran, (3) Peliharaan media pembelajaran IPA SMP N 1 Blora dilakukan oleh guru, laboran dan siswa. Perawatan terhadap kerusakan ringan dilakukan oleh guru dan laboran. Sedangkan perawatan terhadap kerusakan yang berat dilakukan oleh pihak luar, perawatan media dilakukan secara terus menerus, berkala, dan darurat. pemeliharaan dilakukan dengan selalu tetap menjaga kebersihan.