PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEYER KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILO, DWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8604/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Geyer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 55 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) Persepsi pembelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,700 > 2,007 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,285 > 2,007 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geyer tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 29,245 > 3,175 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel persepsi pembelajaran ekonomi dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1 dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel persepsi pembelajaran ekonomi memberikan sumbangan efektif 19,4%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 33,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi pembelajaran ekonomi.