PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya perbedaan persepsi siswa mengenai pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Untuk men...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AVIF, MUH. NARO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8581/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya perbedaan persepsi siswa mengenai pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Untuk mengetahui apakah adanya perbedaan persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menyebarluaskan informasi dan masukan mengenai pentingnya pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan strategi pembelajaran guru dalam mendukung pencapaian prestasi belajar siswa secara optimal, termasuk dalam mata pelajaran Biologi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Anava satu jalan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 yang keseluruhannya berjumlah 265 orang siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 84 siswa dari 265 siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 yang menjadi anggota populasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang pengembangan KTSP guru terhadap prestasi belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 9,373 (p= 0,000 < 0,05), terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang strategi pembelajaran guru terhadap prestasi belajar Biologi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini didasarkan dari analisis data diperoleh Fhitung = 12,196 (p= 0,000 < 0,05). Jadi semakin baik persepsi siswa terhadap pengembangan KTSP dan strategi pembelajaran guru, maka semakin semakin baik prestasi belajar siswa.