UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN GERAK TUMBUHAN
Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai pe...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English |
Udgivet: |
2010
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/8579/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
Summary: | Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai penggunaan media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode PBI disertai penggunaan media pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,47 atau meningkat sebesar 0,31 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,20; ranah afektif = 13,42 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,26 atau meningkat sebesar 0,79 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,70; ranah afektif = 16,36 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,94 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,38 atau meningkat sebesar 1,12 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,66; ranah afektif = 21,64 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 5,28 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PBI disertai penggunaan media dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010. |
---|