PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII A tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawal...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8573/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994637099696128 |
---|---|
author | PUSPITASARI , RARA |
author_facet | PUSPITASARI , RARA |
author_sort | PUSPITASARI , RARA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII A tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai artikel atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,12 atau meningkat sebesar 1,09 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,11; ranah afektif = 15,03 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 6,98 atau meningkat sebesar 0,86 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,87; ranah afektif = 17,21 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,18 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,18 atau meningkat sebesar 1,2 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,83; ranah afektif = 21,09 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,88 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8573 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8573 https://eprints.ums.ac.id/8573/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 PUSPITASARI , RARA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII A tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai artikel atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,12 atau meningkat sebesar 1,09 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,11; ranah afektif = 15,03 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 6,98 atau meningkat sebesar 0,86 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,87; ranah afektif = 17,21 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,18 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,18 atau meningkat sebesar 1,2 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,83; ranah afektif = 21,09 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,88 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8573/1/A420060090.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8573/2/A420060090.pdf PUSPITASARI , RARA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060090 |
spellingShingle | L Education (General) PUSPITASARI , RARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title_full | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title_fullStr | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title_short | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010 |
title_sort | penerapan model pembelajaran kooperatif tipe circ coope rative integrated reading and composition untuk meningkat kan hasil belajar biologi siswa kelas vii a pokok bahasan ekosistem smp muhammadiyah 7 surakarta ta 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8573/ |
work_keys_str_mv | AT puspitasarirara penerapanmodelpembelajarankooperatiftipecirccooperativeintegratedreadingandcompositionuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviiapokokbahasanekosistemsmpmuhammadiyah7surakartata20092010 |