PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Coope rative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKAT KAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII A POKOK BAHASAN EKOSISTEM SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TA 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII A tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawal...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: PUSPITASARI , RARA
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2010
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/8573/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII A tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai artikel atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,12 atau meningkat sebesar 1,09 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,11; ranah afektif = 15,03 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 6,98 atau meningkat sebesar 0,86 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,87; ranah afektif = 17,21 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,18 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,18 atau meningkat sebesar 1,2 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,83; ranah afektif = 21,09 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,88 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.