PENERAPAN STRATEGI FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dengan penerapan strategi firing line dalam pembelajaran biologi di kelas VIIF SMP Negeri 2 Sawit Boyolali dan meningkatkan keaktifan siswa dengan penerapan strategi firing line dalam pembelajaran bologi di kelas VIIF SMP Negeri 2 Sawit...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8571/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dengan penerapan strategi firing line dalam pembelajaran biologi di kelas VIIF SMP Negeri 2 Sawit Boyolali dan meningkatkan keaktifan siswa dengan penerapan strategi firing line dalam pembelajaran bologi di kelas VIIF SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat mendorong guru untuk menerapkan berbagai strategi yang dapat memberikan motivasi siswa agar lebih keaktifan dalam proses belajar mengajar, penerapan firing line ini akan memberikan suatu alternatife metode yang dapat diterapkan dalam mengajar pada Klasifikasi Makhluk Hidup.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dan peningkatan belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali dengan mengambil sampel 36 siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Sawit Boyolali.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa diperoleh nilai awal (6,14) yang lebih kecil dari nilai post-test (7,81) berarti penerapan strategi firing line efektif untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2009/2010. Keaktifan siswa diperoleh nilai awal (7,28) yang lebih kecil dari nilai post-test (8,31) berarti penerapan strategi firing line efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2009/2010.
|
---|