IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUMAWAN, ANDIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8565/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116532013301760
author SUMAWAN, ANDIK
author_facet SUMAWAN, ANDIK
author_sort SUMAWAN, ANDIK
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokomentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari segi aspek kognitif (77,85> 69,625> 61,725) maupun aspek afektif (17,875> 15,85> 15,05). Kesimpulan dari dari penelitian ini adalah penerapan metode (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8565
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8565 https://eprints.ums.ac.id/8565/ IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010) SUMAWAN, ANDIK L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokomentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari segi aspek kognitif (77,85> 69,625> 61,725) maupun aspek afektif (17,875> 15,85> 15,05). Kesimpulan dari dari penelitian ini adalah penerapan metode (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8565/1/A420060079.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8565/2/A420060079.pdf SUMAWAN, ANDIK (2010) IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060079
spellingShingle L Education (General)
SUMAWAN, ANDIK
IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title_full IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title_short IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort implementasi metode nht numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar penelitian tindakan kelas pada siswa viic di smpn 3 colomadu tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8565/
work_keys_str_mv AT sumawanandik implementasimetodenhtnumberedheadtogetheruntukmeningkatkanhasilbelajarpenelitiantindakankelaspadasiswaviicdismpn3colomadutahunajaran20092010