IMPLEMENTASI METODE NHT (Numbered Head Together) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa VIIC di SMPN 3 Colomadu tahun Ajaran 2009/2010)

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (N...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: SUMAWAN, ANDIK
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
Publicado: 2010
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/8565/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan berbagai metode untuk mengajar sesuai dengan keadaan siswa dan materi yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, tes, dokomentasi, dan wawancara. Analisis data dari penelitian dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III dengan mencari rata-rata hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari segi aspek kognitif (77,85> 69,625> 61,725) maupun aspek afektif (17,875> 15,85> 15,05). Kesimpulan dari dari penelitian ini adalah penerapan metode (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMPN 3 Colomadu tahun ajaran 2009/2010.