PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ini merupakan peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOVITA , EKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8563/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116531487965184
author NOVITA , EKA
author_facet NOVITA , EKA
author_sort NOVITA , EKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (keaktifan bertanya=33,33% atau meningkat 16,66% dari observasi awal 16,67%; keaktifan menjawab pertanyaan=41,67% atau meningkat 16,67% dari observasi awal 25%). Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (keaktifan bertanya=52,78% atau meningkat 19,45% dari siklus I; keaktifan menjawab pertanyaan=77,78% atau meningkat 36,11% dari siklus I). Prosentase keaktifan siswa pada siklus III (keaktifan bertanya=75% atau meningkat 22,22% dari siklus II; keaktifan menjawab pertanyaan=83% atau meningkat 35,22% dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8563
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8563 https://eprints.ums.ac.id/8563/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 NOVITA , EKA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (keaktifan bertanya=33,33% atau meningkat 16,66% dari observasi awal 16,67%; keaktifan menjawab pertanyaan=41,67% atau meningkat 16,67% dari observasi awal 25%). Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (keaktifan bertanya=52,78% atau meningkat 19,45% dari siklus I; keaktifan menjawab pertanyaan=77,78% atau meningkat 36,11% dari siklus I). Prosentase keaktifan siswa pada siklus III (keaktifan bertanya=75% atau meningkat 22,22% dari siklus II; keaktifan menjawab pertanyaan=83% atau meningkat 35,22% dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8563/1/A420060074.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8563/2/A420060074.pdf NOVITA , EKA (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060074
spellingShingle L Education (General)
NOVITA , EKA
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir sppkb untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran ipa biologi siswa kelas viii a smp muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8563/
work_keys_str_mv AT novitaeka penerapanstrategipembelajaranpeningkatankemampuanberpikirsppkbuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanmenjawabpertanyaanpadapelajaranipabiologisiswakelasviiiasmpmuhammadiyah5surakartatahunajaran20092010