PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ini merupakan peneli...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: NOVITA , EKA
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2010
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/8563/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa pada siklus I (keaktifan bertanya=33,33% atau meningkat 16,66% dari observasi awal 16,67%; keaktifan menjawab pertanyaan=41,67% atau meningkat 16,67% dari observasi awal 25%). Prosentase keaktifan siswa pada siklus II (keaktifan bertanya=52,78% atau meningkat 19,45% dari siklus I; keaktifan menjawab pertanyaan=77,78% atau meningkat 36,11% dari siklus I). Prosentase keaktifan siswa pada siklus III (keaktifan bertanya=75% atau meningkat 22,22% dari siklus II; keaktifan menjawab pertanyaan=83% atau meningkat 35,22% dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2009/2010.