PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010

Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) pada siswa yang berj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIYADI , FARID
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8561/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) pada siswa yang berjumlah 19. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data diperoleh dari hasil rata-rata kelas dan pengamatan aktivitas pembelajaran siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung. Rata-rata kelas nilai post test dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) pada siklus I sebesar 69,42 meningkat 2,89 point dari nilai awal 66,53 sedang rata-rata aktivitas pembelajaran sebesar 11,05 termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus II rata-rata kelas nilai post test hasil belajar sebesar 72,89 meningkat 3,47 point dari nilai siklus I, untuk rata-rata aktivitas pembelajaran sebesar 13,16 termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus III rata-rata kelas nilai post test sebesar 85,74 meningkat 12,85 point dari nilai siklus II, sedang rata-rata aktivitas pembelajaran sebesar 17,11 termasuk dalam kategori berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2009/2010.