PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

Siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan ya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, DWI AKTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8558/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994636536610816
author HANDAYANI, DWI AKTI
author_facet HANDAYANI, DWI AKTI
author_sort HANDAYANI, DWI AKTI
collection ePrints
description Siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode diskusi. Data hasil belajar biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi,dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan review. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 53,71. Dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 64,57. Siklus II 67,14 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 71,43. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan pendekatan kontextual (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatn dari siklus I sebesar 21,51(siswa kurang berminat), siklus II sebesar 30,74(siswa cukup berminat), siklus III sebesar 40,5 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 sawit Tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,51 point atau 51%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8558
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8558 https://eprints.ums.ac.id/8558/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 HANDAYANI, DWI AKTI L Education (General) Siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode diskusi. Data hasil belajar biologi siswa diambil dengan menggunakan metode observasi,dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan review. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 53,71. Dan rata-rata siklus I meningkat sebesar 64,57. Siklus II 67,14 dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 71,43. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan pendekatan kontextual (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk aspek afektif mengalami peningkatn dari siklus I sebesar 21,51(siswa kurang berminat), siklus II sebesar 30,74(siswa cukup berminat), siklus III sebesar 40,5 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 sawit Tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,51 point atau 51%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8558/1/A420060067.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8558/2/A420060067.pdf HANDAYANI, DWI AKTI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060067
spellingShingle L Education (General)
HANDAYANI, DWI AKTI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN KEANEKARA GAMAN HAYATI MELALUI PENDEKATAN KONTEXTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan keanekara gaman hayati melalui pendekatan kontextual contextual teaching and learning siswa kelas vii e di smp negeri 3 sawit boyolali tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8558/
work_keys_str_mv AT handayanidwiakti peningkatanhasilbelajarbiologipokokbahasankeanekaragamanhayatimelaluipendekatankontextualcontextualteachingandlearningsiswakelasviiedismpnegeri3sawitboyolalitahunajaran20092010